Kebijakan Privasi dan Kerahasiaan Informasi Pribadi

Pendahuluan

Atoma Medical (“Atoma”) adalah perusahaan konsultasi manajemen dan penyedia jasa digital marketing/pemasaran daring di sektor kesehatan. Atoma juga mengembangkan produk Atoma adalah layanan asisten kesehatan yang tersedia dalam bentuk situs web dan dalam bentuk aplikasi mobile ProSehat (“ProSehat”) dan/atau kanal media digital ProSehat.

Pengguna Atoma adalah semua masyarakat baik masyarakat awam maupun masyarakat tenaga kesehatan yang hendak menggunakan layanan produk dan jasa Atoma. Semua Pengguna tunduk pada semua syarat dan ketentuan penggunaan Atoma.

Semua Pengguna Atoma dengan menggunakan layanan Atoma secara otomatis dianggap sudah membaca semua Syarat dan Ketentuan Atoma dan dengan sadar dan tanpa paksaan memberikan persetujuannya untuk tunduk pada semua Syarat dan Ketentuan Atoma serta Kebijakan Privasi Atoma. Bagi Pengguna yang tidak menyetujui syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini maka Pengguna diharapkan untuk tidak menggunakan Atoma dan fitur-fiturnya.

Syarat dan ketentuan yang tertulis dalam dokumen ini dapat diubah atau diperbaharui oleh Atoma tanpa sebelumnya memberitahukan kepada Pengguna. Pada saat terdapat pembaharuan atau perubahan atas syarat dan ketentuan, maka syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang semua syarat dan ketentuan yang tertulis pada dokumen terkini. Oleh karena itu, Pengguna berkewajiban untuk terus memperbaharui informasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan secara rutin membuka laman dokumen Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi pada Atoma.

Privasi dan Kerahasiaan

Pengumpulan Informasi Pengguna

Atoma dapat mengumpulkan informasi-informasi Pengguna. Pengguna yang terus menggunakan layanan Atoma maka secara langsung memberikan persetujuannya untuk memberikan informasi-informasi tersebut. Pengumpulan informasi ini dilakukan Atoma pada saat Pengguna:

  1. Mendaftarkan diri sebagai anggota Atoma saat melakukan transaksi dalam Atoma
  2. Melengkapi profil anggota Atoma
  3. Berpartisipasi pada survey kesehatan Atoma
  4. Berpartisipasi pada kuis-kuis kesehatan Atoma
  5. Mengunggahnya dalam bentuk konten lain ke Atoma
  6. Selain dari informasi-informasi pribadi Pengguna, Atoma juga dapat mengumpulkan informasi-informasi yang tidak secara langsung terkait dengan Pengguna melalui tapi tidak terbatas pada kuki HTTP, aplikasi bergerak milik Atoma, sekalipun Pengguna belum mendaftar sebagai anggota Atoma.

Jenis Informasi

Informasi yang dikumpulkan oleh Atoma adalah berupa tapi tidak terbatas pada informasi-informasi yang tertulis di bawah ini:

  1. Data diri Pengguna: Nama, Jenis Kelamin, Usia, Status Perkawinan, Alamat, Nomor Telepon, Alamat Email, Pekerjaan.
  2. Data pemesanan sediaan farmasi, alat kesehatan: Nama sediaan farmasi, nama alat kesehatan, diagnosis, nama dokter yang meresepkan sediaan farmasi atau alat kesehatan.
  3. Data diri pasien: Nama, Jenis Kelamin, Usia, Status Perkawinan, Alamat, Nomor Telepon, Alamat Email, Pekerjaan, diagnosis penyakit
  4. Data kesehatan Pengguna: Riwayat Penyakit Sekarang, Riwayat Penyakit Dahulu, Riwayat Alergi, Hasil Laboratorium, Tinggi Badan, Berat Badan, Riwayat Imunisasi, Gaya Hidup, Aktivitas Sehari-hari.
  5. Data lainnya yang adalah untuk keperluan analisa statistik Atoma atau pihak ketiga yang bekerja sama dengan Atoma. Pengumpulan data jenis ini tidak selalu dilakukan karena hanya bersifat sementara.

Penggunaan Informasi Pengguna

Atoma akan menggunakan informasi-informasi yang didapat dari Pengguna untuk perbaikan dan perbaharuan layanan Atoma, yaitu untuk beberapa tapi tidak terbatas pada hal-hal yang tercantum di bawah ini:

  1. Mengirimkan Pengguna informasi terbaru terkait minat, resiko kesehatan termasuk juga tapi tidak terbatas, pemberitahuan, berita terkini, pengumuman, melalui email atau aplikasi mobile atau sistem pesan elektronik lainnya.
  2. Mengirimkan Pengguna promosi Produk terbaru Atoma, pemberitahuan Atoma, berita terkini, pengumuman Atoma, yang dilakukan melalui email atau aplikasi mobile atau sistem pesan elektronik lainnya.
  3. Mengirimkan Pengguna konten Kesehatan terkait minat, resiko kesehatan, rekam atau catatan pembelian Produk sebelumnya yang dilakukan melalui email atau aplikasi mobile atau sistem pesan elektronik lainnya.
  4. Administrasi akun Pengguna
  5. Membuka akses Pengguna untuk beberapa fitur dan layanan Atoma
  6. Memberikan respon terhadap pertanyaan-pertanyaan Pengguna
  7. Berkomunikasi dengan Pengguna mengenai masalah administrasi akun Pengguna
  8. Mendapatkan kritik dan masukan dari Pengguna terkait fitur dan layanan yang disajikan Atoma
  9. Analisa statistik terhadap perilaku Pengguna terkait penggunaan layanan dan fitur Atoma
  10. Memberikan konten yang lebih relevan untuk Pengguna sesuai dengan resiko kesehatan Pengguna
  11. Melakukan penelitian dan pengukuran terhadap aktivitas Pengguna dalam Atoma

Hak-hak Pengguna

Berdasarkan undang-undang perlindungan data yang berlaku, Pengguna memiliki hak tertentu sebagai “subjek data”. Berikut termasuk hak Pengguna:

  1. Hak akses – Pengguna berhak mengakses data pribadi yang kami tangani. Pengguna juga berhak menerima informasi tertentu tentang apa yang kami lakukan dengan data pribadi tersebut. Informasi tersebut disediakan dalam dokumen ini.
  2. Hak koreksi – Dalam kondisi tertentu, Pengguna berhak mengoreksi ketidakakuratan data pribadi tentang Pengguna dan melengkapi data pribadi yang belum lengkap. Mohon perhatikan bahwa kami mungkin tidak dapat mengoreksi ketidakakuratan data pribadi yang Pengguna berikan karena misalnya aturan maskapai penerbangan dan bahwa perubahan tersebut dapat menimbulkan biaya.
  3. Hak menghapus – Dalam kondisi tertentu, Pengguna berhak meminta data pribadinya dihapus. Ini disebut “hak untuk dilupakan”.
  4. Hak membatasi pemrosesan – Dalam kondisi tertentu, Pengguna berhak membatasi cara kami menggunakan data pribadinya.
  5. Hak portabilitas data – Pengguna berhak menerima data pribadinya (atau mengirim data pribadinya secara langsung ke pengendali data lain) dalam format yang terstruktur, jamak digunakan, dan terbaca mesin dari kami.
  6. Hak keberatan – Pengguna berhak mengajukan keberatan atas tipe tertentu penanganan data pribadi yang kami jalankan. Ini berlaku untuk semua aktivitas kami yang didasarkan atas “kepentingan sah” kami.

Terakhir, Pengguna juga berhak mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas perlindungan data yang berwenang.

Atoma TIDAK membagikan informasi-informasi Pengguna Atoma kepada pihak ketiga manapun kecuali dalam bentuk laporan statistik yang tidak menuliskan informasi-informasi Pengguna secara spesifik.

Atoma menjamin keamanan dari basis data yang mengandung informasi-informasi Pengguna Atoma baik secara teknis maupun secara keamanan administrasi seperti perlindungan keamanan dengan kata sandi.

Atoma juga memberikan kesempatan kepada Pengguna untuk melakukan perlindungan terhadap informasi-informasi pribadinya dengan menggunakan kata sandi. Penggunaan kata sandi ini adalah sepenuhnya tanggung jawab Pengguna. Adanya kelalaian Pengguna yang mengakibatkan diketahuinya kata sandi ini oleh Pengguna lain atau entitas lain yang menyebabkan peretasan akun Pengguna, maka Atoma termasuk semua karyawan yang bekerja di Atoma dan Atoma tidak bertanggung jawab dan berhak untuk sepenuhnya dibebaskan dari segala tuntutan dan ganti rugi yang terjadi di kemudian hari.

Semua personel Atoma dan Atoma WAJIB untuk merahasiakan semua informasi Pengguna Atoma dan DILARANG untuk membocorkan kerahasiaan ini kepada pihak manapun atas alasan apapun kecuali dalam hal keperluan penyidikan hukum.

Syarat dan ketentuan yang tertulis dalam bab Privasi dan Kerahasiaan dapat diubah atau diperbaharui oleh Atoma atau Atoma tanpa sebelumnya memberitahukan kepada Pengguna. Pada saat terdapat pembaharuan atau perubahan atas syarat dan ketentuan, maka syarat dan ketentuan yang berlaku adalah yang semua syarat dan ketentuan yang tertulis pada dokumen terkini. Oleh karena itu, Pengguna berkewajiban untuk terus memperbaharui informasi mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku dengan secara rutin membuka laman dokumen Syarat dan Ketentuan pada Atoma. Apabila Pengguna tetap menggunakan Atoma dan fitur-fiturnya maka secara langsung Pengguna sudah menyetujui untuk tunduk pada perubahan atas syarat dan ketentuan terkait Privasi dan Kerahasiaan.

Hukum yang Berlaku

Terhadap Ketentuan ini berlaku hukum negara Republik Indonesia. Setiap akses terhadap Website yang dilakukan dari yurisdisksi selain Republik Indonesia wajib tunduk pada hukum negara Republik Indonesia. Pengguna yang mengakses dari lokasi diluar yurisdiksi Republik Indonesia juga wajib, dengan inisiatif Pengguna sendiri, memastikan dan bertanggung jawab agar akses Pengguna terhadap Platform serta pelaksanaan Ketentuan tidak melanggar serta patuh terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan dan hukum yang berlaku di yurisdiksi di lokasi tersebut.

Penyelesaian Sengketa

Setiap perselisihan terkait pelaksanaan Ketentuan ini kedua belah pihak sepakat menyelesaikannya secara muswarah mufakat. Apabila tidak dapat diselesaikan juga, kedua belah pihak dengan ini sepakat menyelesaikannya melalui Kantor Kepaniteraan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Pengguna dengan ini sepakat bahwa Pengguna tidak lagi berhak mengajukan gugatan, permohonan atau klaim apapun kepada Atoma atau lembaga peradilan manapun terkait Ketentuan ini setelah lewat waktu 30 (tiga puluh hari) kalender sejak (i) timbulnya peristiwa/perbuatan yang Pengguna jadikan dasar untuk mengajukan gugatan atau klaim tersebut; atau (ii) terjadinya serah terima Produk dari Atoma atau Mitra kepada Pengguna.

Situs Web Atoma dan Aplikasi Mobile Atoma

Situs web Atoma, www.atoma.co.id dikelola oleh Atoma. Situs web Atoma berisikan konten informasi profil perusahaan Atoma, jenis layanan dan jasa Atoma yang tersedia.

Konten informasi ini dapat berupa teks, gambar, diagram, audio ataupun video atau bentuk lain.

Konten informasi ini akan berisikan informasi semata dan tidak dimaksudkan dan tidak dapat dianggap memberikan konsultasi profesional tentang kesehatan atau manfaat medis dari Produk. Setiap pernyataan dan konten ajakan yang tertera atau terkandung dalam Produk adalah dibuat oleh pembuat pernyataan tersebut dan tidak dapat dianggap sebagai pernyataan dari Atoma. Oleh karena itu, adanya masalah di kemudian hari yang terkait dengan konten Produk ini Atoma dan Atoma berhak untuk dilepaskan dari segala tuntutan dan dari kewajiban ganti rugi.

Situs web Atoma juga dapat berisikan konten kesehatan yang dapat berupa namun tidak terbatas pada artikel, gambar, audio, atau video. Konten kesehatan ini bersifat edukatif dan informatif. Pengguna bebas untuk melakukan interpretasi mandiri atas konten kesehatan ini sehingga adanya masalah baik berupa kesalahan atau kecacatan atau bentuk kerugian lainnya yang timbul akibat kesalahan interpretasi Pengguna bukan menjadi tanggung jawab Atoma dan Atoma sehingga Atoma dan Atoma berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan dan kewajiban ganti rugi yang muncul akibat hal ini.

Pengembangan konten kesehatan dilakukan oleh Atoma dan dikembangkan berdasarkan konten yang sudah tayang di situs web TanyaDok.com dan sumber bebas lainnya yang dapat diakses secara daring (online) oleh khalayak umum lainnya.

Seluruh konten kesehatan Atoma adalah untuk keperluan informasi dan edukasi, BUKAN sebagai pengganti dari pemeriksaan dan anamnesa tatap muka dengan tenaga kesehatan profesional, baik dalam hal penegakan diagnosis maupun penanganan kondisi penyakit yang ada. Oleh karenanya Atoma dan Atoma berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan ataupun ganti rugi yang mungkin terjadi di masa mendatang oleh karena Pengguna yang tidak mengindahkan ketentuan ini.

Semua konten dalam Atoma adalah milik Atoma dan Atoma kecuali dinyatakan sebaliknya oleh Atoma.

Pengguna DILARANG untuk menyalin-tempel, mengubah sebagian atau seluruhnya, menayangkan, menyebarluaskan dalam bentuk media digital atau media lainnya, semua konten Produk dan konten Kesehatan yang ada di Atoma tanpa ijin atau kesepakatan tertulis sebelumnya dari pihak Atoma atau Atoma. Adanya pelanggaran terhadap ketentuan ini, Atoma atau Atoma berhak untuk menuntut ganti rugi terhadap Pengguna yang melanggar ketentuan ini dan akses Pengguna ke Atoma akan dibekukan secara permanen.

Koreksi atau ralat terhadap konten bisa dilaporkan Pengguna kepada Atoma melalui surat elektronik kepada tim Atoma yang menuliskan secara jelas judul konten atau laman konten, jenis kesalahan, letak kesalahan pada konten tersebut, nama Pengguna yang melaporkan, email Pengguna yang melaporkan dan nomor kontak Pengguna yang melaporkan. Alamat surat elektronik Atoma adalah aduan@atoma.co.id.

Pranala Luar

Pemasangan pranala luar milik pihak ketiga yang berupa IKLAN dalam Atoma harus mendapatkan ijin atau kesepakatan tertulis sebelumnya dari Atoma.

Pengguna yang mengakses pranala luar milik pihak ketiga adalah sepenuhnya tanggung jawab Pengguna. Atoma tidak bertanggung jawab atas keamanan, isi dan segala sesuatu terkait pranala luar milik pihak ketiga tersebut. Adanya musibah di masa mendatang yang disebabkan oleh karena Pengguna mengakses pranala luar milik pihak ketiga itu maka Atoma berhak untuk dibebaskan dari segala tuntutan dan ganti rugi yang diakibatkan oleh pranala luar milik pihak ketiga itu.

Ganti Rugi

Pengguna sepenuhnya bertanggung jawab atas semua aktivitas yang dilakukan dalam Atoma.

Semua Pengguna setuju untuk tidak menuntut ganti rugi atau menuntut dalam bentuk apa pun terhadap semua karyawan yang bekerja di Atoma baik tim konten, tim manajemen, tim direksi maupun tim dokter apabila terjadi tuntutan atau musibah yang terjadi pada Pengguna oleh karena kelalaian Pengguna dan/atau pelanggaran yang dilakukan oleh Pengguna.

Bilamana terjadi kerugian materi atau nonmateri atas perbuatan yang tidak terpuji yang dilakukan oleh Pengguna maka semua karyawan yang bekerja di Atoma baik tim Editorial, tim manajemen, tim direksi maupun tim dokter berhak untuk dibebaskan sepenuhnya dari segala tuntutan dan permintaan ganti rugi yang timbul oleh karena perbuatan Pengguna tersebut.

Konflik Hak Cipta Konten

Apabila ada Pengguna yang mendapatkan adanya konten Atoma yang menyalahi hak cipta, maka Pengguna dapat melakukan angkah-langkah berikut ini:

  1. Lakukan identifikasi terhadap konten yang dimaksudkan. Sangat diharapkan Pengguna yang melaporkan juga menyerahkan pranala yang merupakan pranala asli dari konten tersebut.
  2. Cantumkan secara jelas identitas Pengguna yang melaporkan. Identitas yang dimaksud adalah nama lengkap, nomor kontak (nomor handphone) dan alamat email.
  3. Cantumkan juga dengan jelas pernyataan bahwa pelaporan adanya konflik terhadap hak cipta ini dilakukan dengan itikad baik dan bukan merupakan ancaman atau suatu pemerasan.
  4. Cantumkan secara jelas bahwa informasi terkait konflik hak cipta ini adalah sebenar-benarnya dan bukan merupakan hasil rekayasa. Selain itu, Pengguna wajib mencantumkan hubungan Pengguna terhadap konten tersebut, apakah merupakan pemilik asli konten tersebut atau adalah orang yang diberikan kuasa oleh pemilik asli konten tersebut untuk melakukan pelaporan ini.
  5. Lampirkan juga pada bukti elektronik yang berisikan identitas asli Pengguna sebagai pemilik konten dan bila Pengguna bertindak sebagai orang yang diberikan kuasa maka juga perlu dilampirkan surat asli pemberian kuasa ini.
  6. Kirimkan semua berkas-berkas ini ke aduan@atoma.co.id.
  7. Berkas yang dikirimkan Pengguna akan diproses oleh Atoma dan setelah dilakukan investigasi maka Atoma akan menghubungi Pengguna segera setelah proses identifikasi dan verifikasi laporan.